Wednesday, June 13, 2012

(Yongsan project 7) The Cloud by MVRDV




Tower kembar yang ditujukan sebagai apartment ini memiliki ketinggian masing-masing 260 m (54 lantai) dan  300 m (60 lantai). Kedua menara kembar dihubungkan oleh “Cloud” pada lantai ke 27 sampai 37.



Terinspirasi tower tinggi yang tertutupi awan, MVRDV menciptakan “Cloud” (penghubung kedua tower berbentuk awan) dengan tujuan menciptakan kualitas ruang yang lebih, untuk fungsi hunian mewah di atas. Karena berbagai fungsi penunjang yang umumnya diletakkan di podium diangkat ke atas,  ground site unit proyek tower ini dapat dioptimalkan sebagai taman public, sesuai konsep masterplan yang telah ditentukan Daniel Libeskind. Pikselisasi awan menciptakan bidang permukaan bangunan yang lebih luas , dengan ini tower  menjanjikan ruang terbuka hijau (roof garden), view, dan pencahayaan alami yang lebih luas pula. Total permukaan gedung yang dihasilkan dengan penambahan Cloud mencapai 128.00 m2.


Selain sebagai atrium konektor dan diisi unit hunian mewah, cloud dilengkapi dengan fungsi konferensi, fitness, restaurant, café, dan kolam. Untuk menuju ke Cloud, disediakan elevator khusus.  

  
Denah tower persegi empat sempurna, diisi  apartment di ke-4 pojoknya. Posisi apartment tersebut memungkinkan pencahayaan alami yang baik karena unit mendapatkan 2 bidang permukaan luar gedung, dan system cross ventilation sebagai penghawaan alami. Konsep ekologis dan keberlanjutan mampu di capai, meskipun desain sempat menuai kontroversi perihal performa gedung yang seakan menyerupai freeze screen tragedy 11 september 2001 yang menimpa menara kembar WTC New York Amerika. 

            Sebagai apartment, proyek yang direncanakan selesai 2015 ini menawarkan kolam, patio, dan taman pribadi maupun publik di atas ketinggian, yang tentu tidak dimiliki apartment lain pada umumnya. Setiap menara diakses melalui lobi utama di lantai dasar, ruang di lantai dasar lainnya diisi oleh townhouse. Total 9.000 m2 the Cloud diisi Officetel (Office Hotel), dan 25.000 m2 difungsikan sebagai panoramic apartment. Lantai teratas kedua tower tersebut disediakan sebagai penthouse apartment seluas 1200 m2 dengan fasilitas taman atap pribadi.





Sumber :
http://www.dezeen.com/2011/12/08/the-cloud-by-mvrdv/

No comments:

Post a Comment