Wednesday, June 13, 2012

(Yongsan project-5) The Blade by Dominique Perrault

Dinamakan ”the Blade” (mata pisau), tower setinggi 300 meter ini didisain oleh arsitek kenamaan Prancis, Dominigue Perrault, dan akan mulai dibangun pada januari 2013 dalam Yongsan International Business District (YIBD) Seoul Korea selatan. Denah tower ini berbentuk prisma rhomboid, ada pula yang menyebutnya seperti berlian, membuatnya terlihat dinamis, beradaptasi terhadap bentuk site nya. Tower dilapisi dengan permukaan kaca, didisain untuk menyesuaikan diri terhadap cahaya dan dapat merefleksaikan tower yang berada di sekitarnya, sebagai sebuah fragmen fasad dan merekonstruksikan perspektif layaknya instrument optic.





 Kulit selubung tower dilapisi kaca yang disusun 3 dimensional, lekuk-lekuk permukaan bidang kaca yang diciptakan akan nampak dan menghilang sesuai arah pandangan, menciptakan bangunan yang “hidup”, dimana bangunan dapat merubah dirinya sendiri sesuai arah pergerakan matahari dan perubahan cahaya.







 Tower perkantoran ini dibagi atas 3 layer  , low rise, mid rise, dan high rise. Spasi antar ketiganya dibatasi oleh refuge sebagai aspek keselamatan bangunan, lantai servis, dan sky Lobby. masing-masing layer terdiri dari 15 lantai, sementara beberapa fasilitas penunjang seperti café, childcare, art space, dan retail diprogramkan di area podium.






 Aspek green architecture dan green technology coba diterapkan dengan memberikan fitur green roof, pergola, controlled light system, water threatment, dan penggunaan material dengan konten recycle. Sebagai fungsi sosial, the Blade dilengkapi pula dengan passive atrium dan taman sepeda.

Project Credit :

Client Dreamhub – Yongsan Development CO., Ltd.
Architect: Dominique Perrault Architecture
Architect of the records: Samoo
Engineering: Bollinger + Grohmann (structures), HL Technik (Building services, security, coordination), Jean-Paul Lamoureux (accoustic).
Other architecture studios working on the Yongsan International Business Center: AS + GG – Adrian Smith+Gordon Gill Architecture LLP, Riken Yamamoto & FIELDSHOP, Murphy/Jahn Architects, Tange Associate Architects, COOP HIMMELB(L)AU, SDL – Studio Daniel Libeskind Architect, MVRDV, 5+Design, SOM – Skidmore, Owings & Merrill, Renzo Piano Building Workshop, KPF – Kohn Perdersen Fox Associates , Asymptote Architecture, REX Architecture, BIG – Bjarke Ingels Group
Location: Yongsan International Business Center – Sky Island, Seoul, Korea
Concept design: December 2011
Schematic design: April 2012
Estimated beginning of the construction: January 2013
Estimated end of the construction: December 2016
Tower height: 292,50 m
Number of levels: 56 above ground 8 underground

Surfaces
Tower: 128’400 sqm
Average surface per floor: 2350 sqm gfa
Pavilion: 3’300 sqm
Total: 131’700 sqm
Footprint
Tower: 2’570 sqm
Pavilion: 875 sqm
Sunken plaza: 780 sqm

Program
Business forum: business room, banquet room, meeting room pools, business bar and cafe, conciergerie service and amenities
Wellness lobby: sports and fitness club, running track, water bar, wellness center and spa
Offices: state-of-the-art office space, meeting room pools, executive duplex floor including executive board room
Panorama lobby: world class restaurants, bars and shops, rooftop french botanical garden observation deck



Sumber : 
http://www.dezeen.com/2012/05/17/the-blade-by-dominique-perrault/

No comments:

Post a Comment