Wednesday, June 13, 2012

(Yongsan project-2) Dancing Dragon by Adrian Smith + Gordon Grill from Chicago


Dancing Dragon merupakan tower yang direncanakan akan di bangun di Seoul, Korea Selatan, di kawasan Yongsan International Bussiness District yang terdiri dari residensial, hotel, retail shop, dan perkantoran. 


Bekerjasama dengan konsultan energi Positive Energy Practice, konsultan struktur Werner Sobek, dan konsultan lansekap Martha Schwartz Partners. Luas site 23.000 m2, terdiri dari 88 lantai, dengan tinggi 450 m dan 390 m.



 
Adrian Smith + Gordon Grill berusaha mengangkat filosofi dari kata Yongsan itu sendiri yang berarti “Dragon Hill”. Terlihat dari fasade bangunan ini yang bentuknya seperti kulit naga lewat segitiga kaca yang disusun tumpang tindih membentuk pattern. 


 Skin fasade ini merupakan breatheable skin bagi bangunan ini sendiri.


Kantilever-kantilever yang terpotong-potong merupakan transformasi bentuk atap pagoda Korea. Inovasi terbaru pada bangunan ini ditunjukkan dengan adanya unit jendela triple-glazed untuk meminimalkan efek panas sinar matahari, sistem dinding overlapping untuk memberikan efek bayangan, dan adanya radiant system heating untuk pemulihan panas melalui pendingin sentrifugal listrik.
Project Credit:



Sumber :
http://www.designboom.com/weblog/cat/9/view/21286/adrian-smith-gordon-gill-dancing-dragons.html






No comments:

Post a Comment