Wednesday, June 20, 2012

(Yongsan project 8) Dancing Tower' by Daniel Libeskind


Dancing tower's merupakan desain tower kedua daniel libeskind di Yongsan international bussiness district (YIBD), di Seoul, Korea selatan. Desain tower kedua ini sangat berbeda dengan desain tower pertama harmony tower pada harmony tower garis besar yang terlihat garis-garis lurus  yang disusun secara acak dengan orientasi view sedangkan di dancing tower ini yang terlihat ialah garis garis kurva yang membentuk sebuah fluid dengan pertimbangan orientasi view dan arah angin,matahari dll.



Garis garis kurva membentuk sebuah fluid ini juga berkonsepkan Tari Buddhis tradisional Korea dikenal Seung-Moo (Pengertian tarian seung-moo bisa dibaca http://cybersulut.com/881394). Rotasi halus fluid pada menara ini seolah menciptakan ilusi seperti  kibaran lengan panjang anggun penari Seung Moo.


Dancing's tower ini memiliki 3 tower dengan ketinggian lantai yang sama yaitu 41 lantai dan berdiri diatas podium, tower ini memiliki 834 kamar apartements,fasilitas retail, komersil yang dikoneksikan oleh podium dan area parkir. 




Menara ini memiliki rekayasa struktur yang sangat baik untuk memperluas ruang dalam dengan menempatkan  inti core beton ditengah masing-masing tower dan untuk mengalirkan beban lateral lainnya,yang hilang karena menghilang kolom-kolom dalam ruang dalam rekayasa struktur bangunan ini menempatkan bolak dinding pada kantilever sirip untuk mendukung plat lantai menerima beban lateral yang lebih besar sehingga beban lateral yang harusnya diterima oleh kolom-kolom pada ruang dalam tergantikan oleh rekayasa struktur ini sehingga konsep dari tower yang seakan-akan menari didapatkan dan juga semakin membuka panorama alam disekitar banguanan dari interior tower ini.




Daniel libeskind, memiliki kelebihan bisa menempatkan orientasi bangunannya agar menjadi point of interest dalam suatu kawasan, dalam dancing tower ini yang telihat ialah DLS mencoba membuat keterikatan Dancing Tower dengan 3 tower lainnya disekitar site dan  membuat fluid yang berorentasi pada panorama sungai han,pegunungan nam,kota seoul dan berorientasi pada pengmaksimalkan masuknya cahaya matahari ke dalam bangunan.

Project Credit : 

Location: Seoul, South Korea
Building size: 265,000 sq.m
Structure: Concrete central core with cantilevered concrete fin walls and floor slabs
Client: Dream Hub, AMC – Yongsan Development Co., Ltd.
Structural engineer: ARUP
Mechanical / Electrical / Plumbing engineer: ARUP
Landscape architect: Martha Schwartz Partners
Lighting designers: Focus Lighting
Status: In design

Sumber : 

http://www.dezeen.com/2012/05/19/dancing-towers-by-studio-daniel-libeskind/
http://daniel-libeskind.com/projects/dancing-towers
http://www.archiscene.net/firms/studio-daniel-libeskind/yongsan-international-business-district/



No comments:

Post a Comment